24 Agu 2017

Menjadi Orang Tua Asyik


Sudah lama banget pingin nulis tentang dunia parenting sebenarnya, kebetulan nih lagi beberes rak buku yang sudah mulai berantakan dan akhirnya nemuin buku warna merah muda dengan tulisan sampul dan ilustrasi yang menarik. Mulai kita buka ternyata kertas didalamnyapun ada yang berwarna setiap awal bab dan ada ilustrasi gambar-gambar kartun didalamnya. Sepertinya tidak akan membosankan nih, kecuali pas baca ada yang gangguin baru deh berhenti.
Dulu waktu milih buku ini di rak toko buku, karena tertarik sampul serta dalamnya. Tulisannya berwarna bahasannya juga menarik. Tapi nggak tau kenapa buku ini cuman nangkring manis dirak bukuku tanpa kubaca dengan tuntas ( dan ternyata ada beberapa buku yang nangkring manis dirak buku belum terbaca dengan tuntas...hadehhh harus jadi bahan literasi berikutnya nih)

Kita sebagai orang tua yang lebih spesifiknya ibu (yang nulis seorang emak soalnya  hihihi...) pasti pingin kan punya teman yang asyik, suami yang asyik, bahkan anak yang asyik. Asyik disini itu bukan yang enak diajak jalan aja ya, tapi asyik untuk diajak komunikasi, asyik untuk berinteraksi juga. Nah pernah mikir nggak kalau anak juga pingin punya orang tua yang asyik juga, pernah nggak anak kita nyelutuk "ahhh ibu nggak asyik nih!"  Nah mulai kan mikir asyik itu kayak apa sih bagi seorang anak? Gimana nih biar kita dianggap asyik buat anak-anak kita?
Seringnya tuh para emak yang sering curhat tuh (maklum emak itu emang baperan banget.....yang nulis ngerasa banget soalnya wkwkwk) nah supaya bisa jadi asyik di mata anak-anak kita juga harus dengerin curhatan mereka, sering diajak komunikasi diajak ngobrol, sesekali kita yang ikut kedunia mereka dong biar tau sudut pandang mereka. Nggak mereka terus yang kita minta buat ngertiin kita. Nah dari curhatan mereka nih kita jadi tau apa sih yang mereka inginkan, rasakan atau mereka alami.

Buku ini lebih berisi tentang ulasan beberapa kasus yang sering terjadi pada anak-anak, mulai dari balita, usia sekolah sampai remaja. Bagaimana kasus ini terjadi, contohnya dan bagaimana kita menanggapinya sampai bagaimana mencari solusi dengan kasus yang sedang terjadi.
Kasusnya lebih diungkapkan sebagai perilaku unik, perilaku unik yang terjadi di bagi menjadi 3 : Perilaku Unik Anak Usia 2 - 12 tahun, Perilaku Unik Murid 2 - 12 tahun, Perilaku Unik Remaja 13 - 17 tahun.
Di bab pertama ada subbab tentang Asyiknya browsing dan surfing pada anak, sebenarnya browsing dan surfing pada anak-anak kita itu juga mengasyikkan kalau tau caranya nggak cuman browsing dan surfing di dunia perinternetan lo...
Sering nih kita denger keluhan beberapa ibu-ibu, "kok anakku nggak bisa-bisa baca ya padahal udah aku lesin kesana-sini lo?" atau "Heran deh anakku kok susah banget ya diajarin berhitung" bahkan ada nih yang mengeluh "Duh pusing aku anakku nggak pernah bisa duduk manis sebentar aja, muter terus suruh belajar ada aja alasannya"
Itu dikupas nih bahwa sebenarnya perilaku mereka itu nggak ada yang salah lo, karena mereka punya modal dasar nih namanya GAYA BELAJAR.  Nah Gaya belajar ini lo yang jadi modal dasar kita untuk eksploring anak kita, supaya mereka lebih mudah memahami sesuatu atau informasi yang diberikan. Disini dijelaskan bahwa sebenarnya ada 5 gaya belajar tapi yang sering dikenal itu 3 gaya belajar aja, tipe visual, auditory dan kinestetis.
Disini juga ada halaman tentang matriks assessment dan stimulasi Multiple Intellegences, disini kita bisa menilai anak kita mempunya kecerdasan apa atau kecerdasan yang paling menonjol dimiliki anak kita dan bagaimana menstimulusnya agar semakin kuat.
Bahasa yang dipakai di buku ini gampang dipahami, diberikan contoh yang konkret dan solutif pastinya. Contoh yang diambilpun juga contoh keseharian dan banyak banget yang sering terjadi disekitar kita, meskipun buku ini udah cetakan tahun 2013 (wuisss jadul amat yakkk baru di baca tuntas) tapi sampai sekarang masih bisa dipakai terus.
Oh ya buku ini karangan Bunda Wening yang merupakan seorang terapis, trainer dan konselor parenting. Mungkin bisa jadi rujukan nih buat nambah ilmu parenting buat para emak-emak. Kayaknya buat aku bisa jadi acuan untuk pengasuhan si kembar dan si kakak yang sudah mulai menginjak remaja.

Tidak ada komentar:

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...