2 Okt 2017

Mungkinkah Sejarah Masa Kecil Mempengaruhi Cara Mendidik?


Kalau ditanyakan apa sih sebenarnya sejarah itu? Menurut kamus bahasa Indonesia sejarah adalah kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau atau asal-usul (keturunan) silsilah.  Kalau dilihat dari artinya setiap orang punya cerita sejarahnya sendiri, dan pastinya juga beragam. Ada sejarah yang kelam atau sejarah yang menyedihkan ada juga sejarah yang mencerahkan atau menggembirakan. Sejarah tidak akan pernah hilang hanya mungkin akan terlupakan. Kadang sejarah yang kelam atau sejarah yang kurang menggembirakan sering ingin kita lupakan. Kita hanya ingin mengingat yang menyenangkan saja.

Sejarah orang tua kira-kira berpengaruh nggak sih dalam mendidik anak-anaknya?
Menurutku pengaruhnya sangat kuat banget, karena biasanya orang tua mendidik berdasarkan pengalaman atau apa yang pernah mereka alami atau mereka dapatkan dari orang tua mereka juga.

Salah satu contoh nih orang tua yang dulunya hidup serba kekurangan bahkan untuk bisa sekolah dasar aja mereka sangat bersyukur apalagi untuk bisa mendapatkan fasilitas pembelajaran yang lebih lengkap. Akhirnya karena dendam sejarah kelamnya di masa lalu membuat dia mendidik anaknya dengan berlimpahan fasilitas sekolah yang bagus. Diberikan sekolah terfavorit dengan peralatan sekolah yang bagus, bahkan kadang sampai seperti memanjakan anaknya. Apapun yang anaknya inginkan akan selalu diberikan orang tuanya. Karena dendam sejarah masa lalunya dan belum bisa berdamai akhirnya mempengaruhi anaknya juga.

Diriku dididik di keluarga para pendidik alias guru, kedua orang tuaku adalah guru yang terbiasa dengan hidup yang tertata dari pagi sampai malam. Ini juga membuatku memberikan didikan yang hampir sama dengan cara orang tuaku. Aku membiasakan mengatur jadwal semua anak-anakku dari mulai bangun tidur sampai mereka tidur lagi.

Ada satu didikan yang aku modifikasi soal nilai sekolah. Dulu kedua orang tuaku sangat mementingkan nilai dalam bentuk angka di sekolah mereka selalu memintaku untuk mendapatkan rangking di sekolah. Karena target orang tua untuk nilai tanpa mendiskusikan dengan aku, kadang hal ini membuat beban berat juga. Membuatku hanya mengejar nilai tinggi tanpa melihat hal lain yang lebih penting, seperti bersosialisai dengan banyak teman, mengembangkan keahlian diluar belajar (padahal seneng banget membaca sama menulis sih). Bagi orang tuaku yang penting belajar membaca yang lain itu nomor 2 menulis selain pelajaran juga bukan hal yang penting.

Untuk anak-anakku aku tidak pernah meminta mereka mendapatkan nilai yang tinggi, hanya meminta mereka untuk mengerti atau memahami pelajaran disekolah nilai angka itu nomor 2 bolehlah mendapatkan nilai minimal target kelas. Saat ini aku mengerti bahwa sosialisasi itu penting banget, banyak berteman. Mengembangkan bakat dan minat yang kita miliki itu sangat bermanfaat untuk hidup selanjutnya. Saat ini PR terbesarku adalah menggali bakat minat mereka, mengarahkan ke jalan yang benar dan mendampingi mereka.
kembar dengan pianikanya....


Baik atau buruknya pengaruh sejarah orang tua pada cara mendidik anaknya, semua tergantung bagaimana kita sebagai orang tua. Bagaimana kita memilah sejarah yang bisa kita gunakan untuk mendidik anak-anak kita supaya mereka menjadi kebanggaan kita sebagai orang tua.


Sejarah akan selalu melekat pada diri kita, sejarahlah yang telah membentuk kita jadi seperti sekarang. Jangan pernah dendam dengan sejarah yang kelam cobalah utuk berdamai dan jadikan itu sebagai pelajaran.

tulisan ini diikutsertakan dalam program One Day One Post Blogger Muslimah Indonesia

3 komentar:

Rahayu Asda mengatakan...

Benar mbak didikan orang tau dahulu sangat mempengaruhi didikan kita keanak=anak

Muyassaroh mengatakan...

Sebagai orang tua kita memang sangat berperan penting dalam membentuk karakter anak-anak....dan memang tidak dipungkiri cara orang tua mendidik kita juga sedikit membawa pengaruh dalam cara kita mendidik mereka...

Novarina DW mengatakan...

Berdamai dengan masa lalu tang kelam dan melupakan luka, akan membuat hidup kita lebih baik

Apa Sih Virtual Asisten

  Beranda media sosialku lagi bersliweran info Virtual Asisten mulai dari pelatihan sampai jasanya. Awalnya sih karena aku penasaran cari k...